√ Penyebab Hardisk Laptop Tidak Terbaca !!! Segera Perbaiki


Penjelasan hadisk rusak

Penyebab Hardisk laptop rusak dan tidak terbaca memang sangat banyak, Jika hardsik rusak biasanya akan sering timbul Bunyi, Lemot, dan Panas nah jika laptop anda sudah terasa seperti itu maka bisa dikatakan hardisk laptop anda sudah rusak, harus segera di atasi..

Beberapa penyebab Hardisk Yang Rusak Dan Tidak Terbaca

Lalu kenapa Hardisk bisa rusak seperti itu, Sebenarnya banyak sekali faktor faktor yang akan membuat hardisk laptop anda rusak.

Oleh karena itu anda perlu tau tentang penyebab hardisk laptop bisa Rusak, berikut penjelasannya !!!

1. Faktor usia hard disk

Usia hard disk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hard disk. Hal ini sudah dapat dimaklumi. Namun, dengan perawatan yang tepat, hard disk Anda akan lebih awet.


2. Over Heat

Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan hard disk. Seperti yang sudah diketahui bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik.

Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hard disk. Harganya di pasaran pun relatif murah, kurang lebih hanya 15 ribu rupiah.



3. Jatuh atau terbentur

Terkadang tiba-tiba saja laptop yang anda bawa jatuh atau hard disk yang anda bawa terbentur benda-benda keras lain saat melakukan pemindahan hard disk.

Untuk menghindari hal ini Anda dapat membawa laptop menggunakan tas yang aman.


4. Shutdown / Mematikan komputer dengan sembarangan.

Mematikan komputer dengan langsung mencabutnya dari Portnya dapat berakibat fatal untuk kondisi hard disk.

Jadi pastikan Anda mematikan komputer sesuai panduan shutdown yang tepat.



5. Pemakaian Hard disk Berlebihan

Terlalu sering bermain game, memutar musik dan video berlama-lama dapat merusak hard disk.

Setidaknya Anda harus mampu menyesuaikan dalam menggunakan komputer atau laptop.



6. MeRestart berulang kali ( Menghidupkan dan mematikannya berulang ulang kali )

Seringnya Merestart ( Mematikan laptop berulang ulang kali dan menghidupkannya lagi ) dapat menyebabkan kerusakan hard disk.

Jadi jika Anda sedang menggunakan komputer jangan merestart berungkali, memang hal ini adalah kasus yang sering terjadi, ketika komputer terasa berat atau ingin merefresh biasanya kebanyakan orang akan melakukan Restart, itu memang disarankan namun jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan hardisk laptop anda cepat rusak.



7. Membawa laptop dalam kondisi menyala

Saat latop anda dalam kondisi menyala standby atau hibernate disarankan untuk tidak membwa laptop kemana-mana karena beresiko terkena guncangan berlebihan.



8. Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag

Tujuan defrag adalah untuk melakukan perawatan hard disk, namun jika berlebihan melakukannya dapat menyebabkan bad sector pada hard disk.
Saran yang bagus untuk melakukan defrag adalah 2-3 bulan sekali saja.



9. Hard disk Tidak di Rawat

Banyaknya File-file sampah yang tidak di hapus . File yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa dan head hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. Hal ini dapat menyebabkan bad sector.



10. Sering melakukan instal dan uninstal program

Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hard disk sangat gampang terkena bad sector. Begitu juga terlalu sering melakukan instal ulang.


Nah jadi Begitulah faktor-faktor di atas yang dapat membuat hard disk anda rusak, Lakukanlah perawatan dengan hardisk anda dengan sebaik mngkin..




0 Response to "√ Penyebab Hardisk Laptop Tidak Terbaca !!! Segera Perbaiki"

Post a Comment

Komentar yang relevan dan tidak mengandung amarah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel