8 ikan predator yang paling dicari orang Indonesia tahun ini.

Anda sudah tau kan dengan ikan jenis predator aquarium dan air tawar, tentunya pasti tau, ikan predator aquarium bukan hanya arwana saja loh yang banyak digemari oleh kolektor ikan.

Dan ikan predator ini katanya sedang dicari cari oleh para kolektor ikan.

para ikan predator ini menjadi koleksi yang berharga dan jadi list pencarian setelah ikan arwana.
Penasaran kan ? berikut ini 8 ikan predator yang  paling dicari orang Indonesia tahun ini.

1.Palmas congo bichir ( polypterus endlicheri congicus )


source picture : google image

Ikan asal benua afrika ini menjadi salah satu ikan yang sering dicari untuk dijadikan koleksi, ikan yang termasuk jenis predator ini hidup dikedalaman 3000 meter dasar laut,ikan yang masih hidup dari zaman purba ini tergolong dalam family polypteridae ( ikan yang memiliki sirip banyak )

Oleh karena itu ikan ini mampu berjalan dengan sirip dadanya yang kuat.

Selain itu ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengambil udara dengan alat yang hampir mirip seperti paru – paru hingga ikan ini mampu bertahan hidup di daratan selama waktu tertentu.

Ikan ini banyak jenisna namun yang paling dicari oleh orang Indonesia adalah palmas congo bichir, panjang rata – rata dari ikan ini adalah 30cm dan bisa mencapai 75cm

Ikan ini biasanya diberi makan ikan yang berukuran kecil darinya atau udang,cacing dan sutera
Harga ikan ini menurut Harga.web.id seharga Rp.400.000 ukuran 45cm

2.Toman / channa micropeltes.



source pictur : wikipedia
Ikan yang masih tergolong dalam suku gabus ini menjadi list pencarian berikutnya. Ikan yang seperti ular ini adalah ikan yang paling dicari.

Ikan yang berkepala besar dan bermulut besar serta gigi yang runcing tajam dan tubuhnya bulat panjang seperti torpedo.

Ikan ini cukup terbilang buas karena ikan ini memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan – hewan lain seperti serangga dan kodok.

Panjang ikang ini bisa sampai semester lebih dan habitat asli ikan ini hidup didalam 2400meter dasar laut.

Selain ikan ini bisa dijadikan bahan makanan ikan ini kerap kali dijadikan untuk koleksi karena bentuk yang uniknya.

Harga ikan ini dari adalah Rp.80.000 untuk ukuran 10cm dan seharga Rp.300.000 untuk ukuran 30cm menurut bahasikan.com jenis paling mahal dari ikan toman ini adalah Toman yellow maru ukuran 30cm harganya Rp.100.000.000

3.kehung / channa lucius


source picture : wikipedia
Ikan yang banyak ditemukan di sungai-sungai dalam hutan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dicari, ikan ini mirip seperti peluru kendali. Panjang dari ikan ini dapat mencapai 75cm.

Keunikan ikan ini memiliki jari-jari ( duri ) lunak sebanyak 115 duri duri duri ini berada di posisi terpisah ada pada siri punggung berjumlah 41 duri , pada sirip dubur terdapat 49 duri dan gurat sisi ikan 65 duri lunak.

Harga ikan ini dari ukuran 10cm biasanya dihargai Rp.30.000 dan bisa mencapai Rp. 1000.000 untuk ukuran 1 meter

4.oscar albino / astronotus ocellatus




Ikan yang berasal dari amerika ini termasuk daftar paling dicari oleh para kolektor ikan, selain mempunyai fisik yang indah dengan warnanya, ikan ini juga mempunyai ke unikan lainnya.

ikan ini memangsa ikan yang lebih kecil,moluska dan binatang tidak bertulang belakang.

Rata rata ukuran ikan ini adalah 30cm, ikan ini termasuk ikan yang cerdas dan memiliki kepribadian.
Kaya manusia aja yah, ikan aja Cerdas masa anda tidak cerdas heee bercanda !!

Harga ikan ini biasa di hargai Rp.45.000 – Rp 55.000 untuk ukuran 10 – 15 cm dan untuk ukuran 30cm – 35cm bisa sampai Rp. 150.000

5.synodontis


source picture : www.azgardens.com

Ikan yang banyak dibilang pemalu ini menjadi daftar ikan yang paling dicari oleh kolektor, karena ikan ini sering berenang dengan posisi terbalik dengan perut di atas , dan ikan ini mirip seperti ikan sapu – sapu.

Harga ikan ini untuk ukuran 5cm diharagai Rp. 10.000 dan untuk ukuran 20cm dihargai Rp.30.000

6.Peacock bass azul


source picture : nakamaaquatics.id

Ikan yang berasal dari sungai amazon amerika ini menjadi daftar selanjutnya harga ikan ini memang terbilang cukup mahal , karena keunikan dan pergerakan yang cepat dalam memangsa,
ikan ini menjadi buruan utama para kolektor

Semua jenis ikan ini memang terbilang mahal namun untuk peacock bass azul yang berukurang 5cm di hargai Rp.60.000 dan untuk ukuran 30cm dihargai Rp.1.500.000

7.leopard catfish



source picture : wikipedia.org

Nah ikan ini nih kalo menurut saya seperti ikan lele, ya mungkin ikan ini masih keluarga ikan lele , tapi ikan ini menjadi daftar pencarian selanjutnya karena ikan ini memiliki keunikan tersendiri harga ikan ini terbilang cukup murah untuk ukuran 10cm dihargai Rp 27.000 – 30.000

8.arapaima



Ikan yang merupakan jenis ikan tawar ini adalah ikan yang terbesar di dunia,
panjang ikan ini bisa mencapai lebih dari 2 meter dan berat dengan 200Kg.

ikan yang bisa memakan hampir semua hewan yang bisa di telan ini menjadi salah satu daftar pencarian terbanyak.

namun ikan ini tidak cocok untuk aquarium karena ukurannya yang panjang biasanya para kolektor merawat ikan ini di kolam khusus.

Katanya sih ikan ini dilarang dilepas biarkan oleh pemerintah. “ Karena kalau tidak, sumber daya ikan hayati kita bisa habis karena arapaima ini” ujar mbak susi.

Memang masuk akal sih karena ikan ini bisa sampai 2 meter lebih dan pastinya juga dapat memangsa ikan yang lebih kecil darinya.

Harga ikan ini cukup terbilang mahal untuk ukuran 1meter biasa dihargai Rp 4 juta
menurut rekot, ikan arapaima terbesar yang mempunyai panjang sekitar 3 meter dan beratnya sekitar 200kg dihargai Rp.8juta wow mahal juga ya,

ikan ini sangat cocok untuk kolektor penjual karena daya jual yang sangat mahal.

Nah itulah beberapa ikan predator yang menjadi incaran para kolektor ikan, jika anda punya ikan predator tersebut, maka anda termasuk orang yang beruntung karena ada kemungkinan semakin hari harga ikan tersebut akan tambah mahal.

KESIMPULAN

Siapa saja boleh mengurus ikan predator asal tidak mengganggu kenyamanan anda ,
jika anda berminat untuk menjadi kolektor ikan dengan mengoleksi ikan ikan predator,  itu boleh saja dan tidak masalah .

bahkan bisa dijadikan peluang usaha, namun perlu di ingat mengurus ikan predator tidak semudah mengurus ikan hias yang biasanya ,

selain harus bersedia membeli makanan ikan ini yang memang sedikit lumayan, anda juga harus bisa mengurusnya dengan baik agar kualitas ikan terjaga dan harga jualnya pun tetap terjaga bahkan bisa sampai naik jika anda bisa dalam mengurusnya.

Sekian dari Kang karmin terimakasih !!!

1 Response to "8 ikan predator yang paling dicari orang Indonesia tahun ini."

Komentar yang relevan dan tidak mengandung amarah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel